12 Desember 2015

5 Danau Paling Indah Di Dunia (Bagian Ke-2)

Alam memberikan yang terbaik untuk makhluk hidup dengan berbagai cara yang salah satunya adalah dengan memberikan pemandangan indah yang bisa dinikmati. Di antara keindahan tersebut adalah beberapa danau yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Berikut ini adalah 5 Danau Paling Indah Di Dunia, yaitu:

Ilustrasi 5 Danau Paling Indah Di Dunia: Danau Kaindy - Travelwan

  1. Danau Kaindy, Kazakhstan. Ada hutan di dalam danau, tidak percaya? Datang saja ke Pegunungan Tian Shan, Kazakhstan, di sana ada danau bernama Kaindy yang mana di dalam danau itu terdapat gutan mati namun dahan dan daun pepohonannya masih awet hingga kini. Kejadian ini bermula dari pada tahun 1911 saat Kazakhstan diguncang gempa bumi yang besar. Akibatnya terjadi longsor yang menimbulkan cekungan di salah satu bagian Pegunungan Tian Shan,. Cekungan inilah yang kini menjadi danau Kaindy. Ada yang unik dari danau yang terbentuk akibat gempa ini, dasar danau dipenuhi dengan pohon cemara sama seperti lanskap sekelilingnya. Sisa-sisa pohon itu masih utuh dan dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa harus menyelam karena airnya yang sangat jernih. Waktu yang paling baik untuk berkunjung adalah pada akhir musim semi hingga awal musim gugur.
  2. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Masih ingat dengan gambar di uang kertas tahun 90-an pecahan 5 ribu rupiah? Penampakan danau ini pernah menghiasi alat pembayaran di negara kita lho. Danau Kelimutu yang dikenal juga dengan danau tiga warna karena memang warna air danau ini bisa berubah-ubah mulai dari hitam, biru tua, dan biru. Setiap warna diyakini warga memiliki makna tersendiri. Sebenarnya Danau Kelimutu adalah gabungan dari tiga danau vulkanis yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau-danau itu antara lain Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Nuamuri Koofai. Masing-masing danau itu konon menjadi tempat arwah para orang tua, arwah orang jahat dan arwah anak muda. Para traveler dapat menikmati keindahan danau ini dengan mendaki anak tangga sebanyak 236. Di puncak gunung ini traveler akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang sangat eksotis. Pernah kesana?
  3. Danau Merzbacher, Kyrgyzstan. Kyrgyzstan, salah satu negara anggota Asia Tengah yang jarang sekali terekspos media khususnya di bidang pariwisata. Tidak ada destinasi wisata yang menonjol di negara ini padahal Kyrgyzstan menyimpan berbagai keindahan alam yang masih perawan. Ini dia salah satu keindahan alam yang dimiliki negara tersebut, Danau Merzbacher yang airnya dapat hilang dan muncul secara misterius. Danau Merzbacher yang berada di Ak-Su, Kyrgystan menyimpan fenomena alam yang misterius sehingga kini keberadaannya banyak dikenal orang. Danau ini berisi air hanya pada bulan Agustus saja, dimana air yang mengisi danau ini berasal dari aliran es yang membeku di Gletser Enilchek dan mengalir lewat Sungai Enilchek.
  4. Danau Kakaban, Kalimantan Timur. Ada yang unik dengan danau Kakaban yang ada di Berau, Kalimantan Timur. Jika biasanya air danau itu tawar namun danau ini memiliki air payau. Tak hanya sampai di situ, keunikan danau ini berlanjut ke hewan penghuninya. Ada jutaan ubur-ubur tinggal di danau ini, tapi jangan takut dulu soalnya ubur-ubur di sini jinak kog karena mereka tidak menyengat. Jadi wisatawan bisa berenang bareng hewan lunak ini deh. Danau Kakaban memang dikenal memiliki ekosistem yang unik. Di danau ini memiliki 4 jenis ubur-ubur yang berbeda, antara lain ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Ubur-ubur di sini tidak menyengat karena mereka kehilangan kemampuannya yang disebabkan tidak adanya musuh di habitat mereka. Untuk dapat berenang dengan mereka, traveler wajib memasuki air lewat tangga yang sudah disediakan. Traveler dilarang masuk ke danau dengan melompat karena dapat merobek tubuh ubur-ubur.
  5. Danau Toba, Sumatera Utara. Banyak orang sudah tak asing lagi dengan nama danau ini. Danau vulkanik terbesar di Indonesia sekaligus Asia Tennggara ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dipadu dengan pulau Samosir di tengahnya menjadikan sebuah maha karya alam yang begitu sempurna. Sudah sejak lama danau Toba menjadi tujuan wisata favorit di Provinsi Sumatera Utara. Diperkirakan danau ini terbentuk dari ledakan supervolcano atau gunung berapi super yang terjadi sekitar 73-75 ribu tahun yang lalu. Akibat ledakan itu tidak hanya menyebabkan kepunahan massal namun juga menjadi penyebab terjadinya zaman es. Namun kini tidak ada lagi bekas-bekas tragedi mengerikan itu yang ada hanya pemandangan alam yang sangat menggoda.

Sumber: kaskus.co.id
Tidak ada komentar: