12 Desember 2015

5 Danau Paling Indah Di Dunia

Danau bisa menjadi pilihan traveling yang menarik lho. Karena hanya di danaulah tersimpan cerita-cerita unik seputar proses terbentuknya hingga cerita-cerita mitos yang melekat di dalamnya. Berikut 5 danau paling indah di dunia yang patut dijadikan tempat rekreasi, namun beberapa diantaranya cukup berbahaya dikunjungi.

Ilustrasi 5 Danau Paling Indah Di Dunia: Danau Leitisvatn - Travelwan

  1. Danau Leitisvatn, Kepulauan Faroe. Ada Danau yang keren di Denmark, tepatnya di Kepulauan Faroe. Danau ini berada di atas tebing setinggi 30 meter dan di bawah danau ini ada sebuah laut yang tak lain adalah samudra Atlantik. Jadi jika dilihat dari jauh nampak seperti air yang bertingkat. Namanya Danau Leitisvatn yang merupakan danau terbesar di Kepulauan Faroe dengan luas 3,4 kilometer persegi. Danau yang berada di dua desa bernama Sorvagur dan Midgavur ini memang tengah booming di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan keunikan dan kecantikan yang dimilikinya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang kesana untuk melihat langsung keajaiban alam yang terwujud dalam danau Leitisvatn. Bagaimana dengan Anda, tertarik juga melihatnya langsung?
  2. Ranu Kumbolo, Lumajang. Traveler yang hobi trekking pasti sudah tahu keberadaan danau satu ini. Keberadaannya seakan menjadi oase ditengah padang pasir yang panas dalam rute trekking menuju Mahameru atau puncak dari gunung Semeru. Danau ini berada di Lumajang, Jawa Timur dan menjadi pos pendaki untuk berkemah sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Danau ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Waktu yang paling ditunggu para pendaki saat berkemah di area danau ini adalah pada saat datangnya mentari di pagi hari. Ketika matahari muncul dari balik bukit dan mulai menyinari perairan Ranu Kumbolo yang tertutup kabut tipis akan menampilkan atraksi keindahan yang luar biasa. Pernah kesana?
  3. Danau Natron, Tanzania. Setiap traveler pasti akan lebih menyukai traveling ke danau yang berair jernih. Namun hal itu sudah sangat biasa, cobalah datang ke danau Natron. Di sana Anda akan menemukan fenomena yang mencengangkan, ada sekumpulan burung dan kelelawar yang ditemukan membatu di danaui ini. Sungguh pemandangan yang mencengangkan. Bagaimana hewan-hewan ini menjadi batu? Yang pasti bukan karena kutukan ibu Malin Kundang ya. Meskipun dapat dikunjungi namun danau ini tidak aman, sehingga traveler hanya boleh melihat dari jauh saja. Danau yang berada di sebelah utara Tanzania dan berbatasan dengan Kenya ini hanya memiliki kedalaman 3 meter saja namun airnya sangat jernih seperti kaca sehingga banyak hewan yang terkelabuhi untuk masuk ke dalam danau. Padahal danau ini memiliki suhu 140 derajat dan mengandung senyawa Natron.
  4. Danau Spotted, Kanada. Ingin melihat danau yang beda? Datangi danau Spotted yang ada di kota Osoyoos, British Columbia, Kanada. Jika biasanya danau itu berupa genangan air yang sangat luas maka lain halnya dengan danau yang satu ini. Danau ini ukurannya tidak terlalu luas namun yang menjadi unik adalah permukaan airnya yang memiliki banyak totol. Bagaimana ini bisa terjadi? Sebenarnya totol yang terlihat jelas itu berasal dari kandungan mineral yang sangat tinggi yang bercampur menjadi satu. Mineral-mineral tersebut antara lain magnesium sulfat, natrium sulfat dan kalsium. Totalnya ada 8 jenis mineral di danau ini dan empat unsur lain seperti perak dan titanium. Keren bukan? Sayangnya di sekitar area danau kini dipagar rapat untuk mencegah pengunjung masuk, sebab dikhawatirkan kandungan mineral di danau ini akan mengganggu kesehatan manusia. Namun jangan khawatir, traveler masih bisa bebas memandangi danau ini dari luar pagar sekalian berfoto-foto.
  5. Danau Nyos, Kamerun. Siapa sangka jika danau cantik yang dikelilingi gunung berapi ini dulunya pernah memakan korban sebanyak 1.746 jiwa. Tapi ini adalah kenyataan, Danau Nyos yang berada di Kamerun ini dahulu pernah mengalami ledakan gas CO2 yang menyebar di seluruh air danau. Kejadian ini tak ayal merenggut korban jiwa yang sangat banyak. Kejadian nahas ini terjadi pada tahun 1986, dimana ketika itu danau Nyos mengalami kelebihan kandungan CO2. Sebenarnya sangat lazim jika danau kawah memiliki kandungan CO2 namun pada kasus ini kandungan gas itu sudah melebihi batas hingga akhirnya terjadilah ledakan gas racun itu. Ribuan penduduk yang ada di sekitar danau tewas seketika hanya dalam satu malam. Sungguh tragedi yang memilukan. Berani kesana?
Sumber: kaskus.co.id
Tidak ada komentar: