12 Desember 2015

Warna-Warni Pesawahan Di Kaki Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia, pemandangan alam di gunung ini adalah salah satu yang terindah di Indonesia,bahkan dunia,tak terkecuali pemandangan di kala Sunrise, pada saat Sunrise pemandangan dari gunung ini memang sangat luar biasa, kita dapat melihat Eloknya Segara anak dan Gunung Barujari yang begitu manis di pandang dari atas ketinggian Anjani.

Ilustrasi Warna-Warni Pesawahan Di Kaki Rinjani - Travelwan

Alam Indonesia memang dahsyat gan. Di sebelah Gunung Rinjani, daerah Sembalun, Lombok Timur, NTB, ada pemandangan sawah warna-warni di kaki Gunung Pergasingan. Pergasingan adalah salah satu dari pegunungan di Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pergasingan memang tidak setinggi Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Salah satu bukit berilalang halus di Sembalun adalah Pergasingan. Banyak yeng menyebutnya Bukit Pergasingan, tetapi secara ilmu geografi sebuah daratan yang tingginya lebih dari 1.000 mdpl maka layak diberi gelar gunung, lebih bergensi dari sekedar nama bukit.

Sebagaimana mencapai Rinjani, untuk sampai Gunung Pergasingan kita haruslah dulu menuju Kecamatan Sembalun. Sejak terkenal di tahun 2014 masyarakat Sembalun mengupayakan mengelola gunung tersebut. Setiap pendaki Gunung Pergasingan dikenakan tiket masuk Rp 10.000 per orang. Rute menuju Pergasingan kini telah jelas, di dasar gunung telah ada anak tangga sederhana berguna sebagai petunjuk awal bagi para pendaki Pergasingan.

Dari pintu masuk Gunung Rinjani, Anda berjalan sekitar 400 meter hingga menemukan pertigaan kantor Desa Sembalun. Kemudian belok ke kanan mengikuti jalan aspal yang agak rusak hingga menemukan pertigaan. Anda lalu belok ke kiri dan berjalan sekitar 300 meter hingga mentok menemukan tanah yang di keruk. Tak usah bingung, belok kiri saja sampai menemukan anak tangga yang disemen warga. Jika agak bingung tentu jangan malu untuk menyapa dan bertanya warga Sembalun yang terkenal ramah.

Pendakian siap dimulai. Kita membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan menuju puncak Gunung Pergasingan. Jalan tanah yang sudah sering dilalui telapak kaki tidak membuat kita bingung arah, ikuti terus jalan yang terbentuk itu hingga mencapai puncak Pergasingan. Sebaiknya pergi menuju Pergasingan jangan sendirian, apalagi baru pertama kali. Ajaklah rombongan agar lebih seru dan ramai. Kita bisa mendirikan tenda di sini. Pemandangan yang diberikan Pergasingan sungguh mempesona.

Sawah dan ladang Sembalun yang memukau terlihat seperti puzzle yang disusun rapi dan dicat aneka warna. Belum lagi menyaksikan Puncak Gunung Rinjani yang perkasa dari Pergasingan sungguh menggetarkan hati.Sebaiknya berangkat sore jika ingin kemping. Bawalah peralatan kemah, makanan dan minuman yang cukup. Mendaki Pergasingan memang tak seletih mencapai Rinjani tetapi tetap tak boleh diremehkan.

Menginap semalam saja saya rasa cukup. Pagi hari terjaga sambil menanti momen sunrise dan menyaksikan puncak rinjani yang hanya terlihat di pagi hari, karena jika sudah siang hingga sore kabut putih menyembunyikan Rinjani dari pandangan kita. Turun menuju Sembalun lebih cepat daripada mendaki, sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Tetap jaga keselamatan, karena jika salah berpijak bisa terpeleset dan terguling ke bawah yang berakibat fatal.

Bagi para pencinta foto, Gunung Pergasingan ini merupakan salah satu spot yang disukai terutama oleh penggemar foto bertema pemandangan. Bagi teman-teman yang ke Lombok dan tidak memiliki cukup waktu untuk mendaki Gunung Rinjani, mungkin mendaki Gunung Pergasingan ini patut dicoba.

Sumber: kaskus.co.id
Tidak ada komentar: